Selasa, 16 Juni 2015

teori terbentuknya alam



BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR  BELAKANG
Bumi yang saat ini kita tempati dengan segala isinya yang senantiasa kita nikmati, tentunya tidak terjadi begitu saja, tidak ada dengan sendirinya tanpa ada hal besar yang melatarbelakangi keberadaannya. Pasalnya, jika kita menilik pada ayat Al-Qur’an di atas, jelas Allah mengatakan bahwa pada mulanya bumi dan langit adalah satu kesatuan yang tidak terpisah seperti saat ini. Tetapi kemudian Allah menjadikannya dua bagian yang terpisah seperti halnya yang kita lihat saat ini.
Inilah yang kemudian menjadi dasar ketertarikan para ilmuwan dan peneliti untuk menelusuri lebih mendalam tentang proses peralihan bumi yang mulanya, menyatu dengan langit, kemudian terpisah. Berbagai teori kemudian muncul sebagai akibat dari adanya penelitian ilmiah terkait hal itu. Ada George Lemaitre sebagai motor dari teori letusan hebat (Big Bang)  juga ada Astronomi Inggris Fred Hoyle yang memotori teori keadaan tetap. Yang kesemuanya memiliki perbedaan yang sangat prinsip sehingga berimplikasi pada saling menjatuhkan antar satu dengan lainnya.
Sebagai mahasiswa, rasa ingin tahu lebih dalam menterkait hal ini tentulah menjadi sesutu yang sangat prioritas. Pasalnya, mahasiswa sebagai insan berpendidikan, akademisi yang terdidik dan figure yang telah memiliki tempat tersendiri di kalangan masyarakat dituntut untuk bisa memenuhi permintaan masyarakat yang cenderung bertanya-tanya perihal kejadian alam semesta yang sarat akan misteri. Sangat menggelitik rasanya, jika kita sebagai bagian dari  civitas akademika yang dikenal sebagai insan mahir dalam dunia keilmuan dan pengetahuan kemudian tidak cakap dan tanggap dalam rangka menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat
Terlepas dari itu semua. Pengetahuan yang lebih mendalam tentang alam semesta akan berimpikasi pada meningkatnya intensitas keimanan sebagai akibat dari munculnya rasa syukur yang mendalam dan rasa takjub akan kebesaran Allah yang telah menciptakan alam semesta yang begitu komplek proses terjadinya. Sangat mustahil, jika alam semesta yang demikian luas dan megahnya ini tidak ada yang mengaturnya. Bergantinya bulan dan matahari, siang dan malam, musim hujan dan musim panas, tentulah ada kekuatan dahsyat yang memotori semua itu, dan itu tidak lain adalah Dia Yang Maha Esa, Maha Perkasa lagi Maha Sempurna, Maka benarlah apa yang Allah firmankan dalam kitab-Nya.
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk dan berbaring. Dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata, Ya Tuhan kami. tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Maha suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.”
Nah, atas dasar itulah, maka perkenankan kami untuk mengupas lebih mendalam terkait alam semesta dan tata surya yang kami rangkum dalam makalah ini. Kiranya ini sebagai muqaddimah dari apa yang menjadi esensi fundamental dalam makalah ini.  Biarkan mata itu menyusuri setiap lorong-lorong yang dianyam dari huruf-huruf hebat sarat pengetahuan dan pelajaran, dan semogalah hati berkenan untuk juga membuka mata.

B.     TUJUAN  PEMBAHASAN
a.       Menambah wawasan keilmuan terkait alam semesta dan tata surya.
b.      Sebagai  sarana tafakkur ayatilllahi  (memikirkan kekuasaan Allah).
c.       Mengetahui pengertian Alam Semesta dan Tata Surya.
d.      Mengetahui teori-teori asal mula Alam semesta dan Tata surya.
e.       Mengetahui bagaiman Al-Qur’an dan Al-Hadist menjelaskan proses terjadinya alam.
f.       Mengetahui bagian-bagian dari alam semesta dan tata surya.
g.      Mengetahui teori revolusi Darwin sekaligus hal-hal yang menjadi kelemahannya.






C.     METODE PEMBAHASAN
a.       Menjelaskan pengertian alam semesta, galaksi dan tata surya
b.      Menjelaskan terkait teori-teori terbentuknya alam semesta dan Tata surya
c.       Menjelskan bagaimana Al-qur’an dan Al-hadist menjelaskan tentang proses terjadinya alam semesta
d.      Menjelaskan tentang bagian-bagian dari alam semesta dan tata surya
e.       Dan menjelaskan tentang teori revolusi Darwin sekaligus kebohongannya






































BAB II
PEMBAHASAN

A.     PENGERTIAN ALAM SEMESTA DAN TATA SURYA

1. Alam Semesta
Pengertian alam semesta mencakup tentang mikrokosmos dan makrokosmos. Mikrokosmos adalah benda-benda yang mempunyai ukuran sangat kecil, misalnya atom, elektron, sel, amuba, dan sebagainya. Sedang makrokosmos adalah benda-benda yang mempunyai ukuran yang sangat besar, misalnya bintang, planet dan galaksi.
Konsep pemikiran manusia tentang alam semesta sangat radikal. Awalnya para ilmuan astronom  menetapkan  bahwa  manusialah  sebagai  pusat alam semesta, yang kemudian disebut  teori  egosentris.  Setelah itu mereka menetapkan bumi yang menjadi pusat alam semesta  yang ditokohi oleh Cladius Ptolemeus dan teori ini dikenal dengan geosentris. Namun setelah itu Galileo dan Nicolas Copernicus mengungkap teori baru di mana matahari dijadikan pusat alam semesta yang disebut dengan teori heliosentris.

2. Tata Surya
Tata surya terdiri dari matahari, delapan planet dan berbagai benda langit seperti satelit, komet, dan asteroid. Tata surya tak lebih hanyalah gugusan kecil dari benda-benda langit dan satu bintang. Tata surya adalah bagian kecil dari galaksi.
Kita kenal dengan delapan planet, dari delapan planet tersebut terbagi dua bagian yaitu planet dalam  dan  planet luar. Planet dalam adalah planet yang dekat dengan matahari yang terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus adalah planet luar.






B.     TEORI ASAL MULA ALAM SEMESTA

1. Teori Keadaan Tetap
Dalam teori keadaaan tetap, kita harus menerima bahwa zat baru selalu diciptakan dalam ruang angkasa di antara berbagai galaksi, sehingga galaksi baru akan terbentuk guna menggantikan galaksi yang menjauh. Orang sepakat mengatakan bahwa zat baru itu ialah hydrogen, yaitu sumber yang menjadi asal usul bintang dan galaksi.
Penciptaan zat berkesinambungan dari ruang angkasa yang tampaknya kosong itu diterima secara skeptis oleh para ahli, sebab hal ini rupanya melanggar salah satu hukum.

2. Teori Big Bang
Dahulu Seluruh materi dan energi pernah bersatu menjadi sebuah bola besar,dimana gaya gravitasi masih labil dan terdapat banyak gayak olek (gaya dorong dari sumber tak dikenal). Suatu ketika terjadi reaksi inti pada bola besar tersebut dengan gaya gravitasi yang labil dan gaya olek, sehingga terjadilah ledakan besar (big bang). Bola besar itu meledak menjadi beberapa partikel yang memiliki berat jenis yang lebih kecil dan terus bergerak menjauhi ledakan. Partikel partikel ini kemudian mengembang dengan cepat serta berproses menjadi matahari, planet, galaksi, dll. 
Nah, oleh sebab kejadian kronologis tersebut, kemudian teori Big Bang semakin menguatkan pendapat bahwa alam semesta ini berawal dari ketiadaan menjadi ada.

C.     TEORI TERBENTUKNYA TATA SURYA
Melihat kenyataan bahwa planet-planet bergerak mengelilingi matahari dengan orbitnya yang berebentuk elips dengan arah peredaran yang sama yaitu berlawanan arah jarum jam. Jika melihatnya dari kutub utara, ternyata arah revolusi planet-planet dan satelitnya menunjukan arah negatif. Ini berlawanan dengan yang kita amati di bumi, peredaran harian benda-benda langit seperti matahari, bulan dan bintang berarah  positf seperti arah peredaran harian matahari yang terbit di timur dan kemudian terbenam di barat. Adanya realitas yang demikian membuat para ahli astronomi berkesimpulan bahwa tata surya terbentuk dari material yang berputar dengan arah negatif, hal ini kemudian memunculkan beberapa teori tentang terjadinya tata surya sebagai berikut:

1. Teori Nebule atau Teori Kabut, (Immanuel Kant  dan Piere Simon de Laplace)
Matahari dan planet berasal dari sebuah kabut pijar yang berpilin di dalam jagat raya, karena pilinannya itu berupa kabut yang membentuk bulat seperti bola yang besar, makin mengecil bola itu makin cepat putarannya. Akibatnya bentuk bola itu memepat pada kutubnya dan melebar di bagian equatornya bahkan sebagian massa dari kabut gas menjauh dari gumpalan intinya dan membentuk gelang-gelang di sekeliling bagian utama kabut itu, gelang-gelang itu kemudian membentuk gumpalan padat inilah yang disebut planet-planet dan satelitnya. Sedangkan bagian tengah yang berpijar tetap berbentuk gas pijar yang kita lihat sekarang sebagai matahari.

2. Teori Planetesimal, (Thomas C. Chamberlin dan Forest R. Moulton)
Disebut Planetesimal yang berarti planet kecil karena planet terbentuk dari benda padat yang memang telah ada. Matahari telah ada sebagai salah satu dari bintang-bintang yang banyak, pada satu waktu ada sebuah bintang yang berpapasan pada jarak yang tidak terlalu jauh akibatnya terjadi pasang naik antara matahari dan bintang tadi. Pada waktu bintang itu menjauh sebagian massa dari matahari itu jatuh kembali ke permukaan matahari dan sebagian lain berhamburan di sekeliling matahari inilah yang disebut dengan planetesimal yang kelak kemudian menjadi planet-planet yang beredar pada orbitnya dan mengelilingi matahari.

3. Teori Pasang Surut, (Sir James Jeans dan Harold Jeffreys)
Teori ini pertama kali disampaikan oleh  Buffon. Buffon menyatakan bahwa tata surya berasal dari materi Matahari yang terlempar akibat bertumbukan dengan sebuah komet.Teori pasang surut yang disampaikan Buffon kemudian diperbaiki oleh Sir James Jeans dan Harold Jeffreys. Mereka berpendapat bahwa tata surya terbentuk oleh efek pasang gas-gas Matahari akibat gaya gravitasi bintang besar yang melintasi Matahari.Gas-gas tersebut terlepas dan kemudian mengelilingi Matahari.Gas-gas panas tersebut kemudian berubah menjadi bola-bola cair dan secara berlahan mendingin serta membentuk lapisan keras menjadi planet-planet dan satelit.

Teori ini menjelaskan mengapa planet-planet di bagian tengah seperti Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus merupakan planet raksasa sedangkan di bagian ujungnya merupakan planet-planet kecil. Kelahiran kedelapan planet itu karena pecahan gas dari matahari yang berbentuk cerutu itu maka besarnya planet-planet itu berbeda-beda,yang terdekat dan terjauh besar tetapi yang di tengah lebih besar lagi.

4. Teori Awan Debu, (Carl von Weizsaeker disempurnakan oleh Gerard P Kuiper)
Tata surya terbentuk dari gumpalan awan gas dan debu. Gumpalan awan itu mengalami pemampatan. Pada proses pemampatan itu partikel-partikel debu tertarik ke bagian pusat awan itu membentuk gumpalan bola dan mulai berpilin dan kemudian membentuk cakram  yang  tebal di bagian tengah dan tipis di bagian tepinya. Partikel-partikel di bagian tengah cakram itu saling menekan dan menimbulkan panas dan berpijar, bagian inilah yang kemudian menjadi matahari. Sementara bagian yang luar berputar sangat cepat sehingga terpecah-pecah  menjadi gumpalan yang lebih kecil, gumpalan kecil ini berpilin pula dan membeku kemudian menjadi planet-planet.

5. Teori Bintang Kembar
Teori ini hampir sama dengan teori planetesimal. Dahulu matahari mungkin merupakan bintang kembar, kemudian bintang yang satu meledak menjadi kepingan-kepingan.  Karena ada pengaruh gaya gravitasi bintang,maka kepingan-kepingan yang lain bergerak mengitari bintang itu dan menjadi planet-planet. Sedangkan bintang yang tidak meledak menjadi matahari.




D.  PROSES PEMBENTUKAN BUMI MENURUT AL-QUR'AN  DAN AL- HADIST

            Penciptaan alam semesta beserta isinya memang mengandung makna yang dalam, Allah SWT sebagai  Sang Pencipta Yang menciptakan jagat raya ini tidak langsung berbentuk dan  langsung bisa ditempati, akan tetapi melalui tahapan dan jangka waktu. Bukan karena Allah tidak mampu untuk melakukannya tetapi manusia diajarkan untuk berpikir bagaimana proses terjadinya bumi dan langit, serta mengapa diantara dari ratusan milyar planet hanya bumi yang bisa ditempati untuk makhluk hidup. Menurut firman Allah SWT dalam beberapa ayat-Nya yang menjelaskan bahwa penciptaan langit dan bumi beserta isinya adalah 6 masa.

             1. Proses Terbentuknya Bumi menurut Al-Qur’an

“Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan.” (QS. Qaaf : 38)
Yang dimaksud dengan enam masa dalam Al-Qur'an yaitu:
  • 2 masa pertama merupakan masa untuk menciptakan bumi sebagai hamparan dan fondasi.
  • 2 masa berikutnya untuk menciptakan langit dan bintang-bintang.
  • 2 masa terakhir untuk menciptakan beraneka ragam makhluk hidup yang menepati bumi.
Dan dipertegas dengan beberapa ayat lain yang mengisahkan cerita yang sama. Yakni ;
"Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas `Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa`at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?" (QS. Yunus : 3)
"Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): "Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati", niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: "Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata." (QS. Huud : 7)
"Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian dia bersemayam di atas Arsy, (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada yang lebih mengetahui (Muhammad) tentang Dia." (QS. Al Furqaan : 59)
"Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas `Arsy. Tidak ada bagi kamu selain dari padaNya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa`at.." (QS. As-Sajdah : 4)

            2.  Proses Pembentukan Bumi menurut Al-Hadist

Diriwayatkan dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau bersabda, “Dahulu Ka’bah adalah bukit kecil di atas air kemudian dibentangkanlah bumi dari (bawah)nya.” (An-Nihayah fi Gharib Al-Hadits wa Al-Atsar, Juz II, hlm. 34-35)
Ulasan Hadist
Hadis yang dianggap gharib (aneh) oleh ulama-ulama dahulu maupun modern mengandung fakta ilmiah yang belum ditemukan manusia kecuali pada pertengahan dekade 60-an abad  ke-20. Setelah usaha keras yang melibatkan ribuan pakar dan waktu yang cukup panjang, dibuktikanlah  pada umat manusia bahwa bumi kita ini pada awal penciptaannya penuh dengan air sampai tidak ada kawasan kering yang tampak sedikitpun.
Kemudian Allah menghendaki untuk memuntahkan dasar samudera luas dengan letusan gunung berapi hebat yang terus menerus memuntahkan lava yang menggumpal satu sama lain, membentuk rentetan pegunungan di tengah samudera belantara ini. Pegunungan ini terus meninggi dan meninggi sampai tampak ke permukaan air yang membentuk daratan pertama dalam bentuk pulau vulkanik yang mirip dengan sejumlah kepulauan vulkanik yang sekarang tersebar di seluruh samudera, misalnya kepulauan Jepang, Filipina, Indonesia, dan Hawai.
Sampai sekarang kepulauan-kepulauan vulkanik ini tetap membentuk sebagai puncak-puncak rantai pegunungan samudera. Dengan terus menerus berlangsungnya aktivitas gunung berapi, kepulauan vulkanik pertama inipun berkembang secara bertahap melalui proses pengembangan (memanjang, meluas, meningkat, bertambah, dan bertumbuh karena pergolakan gunung berapi yang berkelanjutan) sehingga terbentuklah benua induk yang dikenal dengan nama Benua Pangea.

E.  BAGIAN ALAM SEMESTA DAN TATA SURYA

1. Galaksi
Galaksi adalah kumpulan bintang yang jumlahnya milyaran dan terdapat di alam semesta. Kumpulan bintang-bintang dalam galaksi bentuknya menyerupai lensa cembung yang pipih atau berbentuk cakram. Bintang-bintang yang jumlahnya tak terhitung itu bisa diamati dengan mata telanjang atau  juga dengan teropong  bintang.  Bintang-bintang tersebut berkumpul dalam satu gugusan, meski nyatanya kalau kita perhatikan dari bumi, mereka tampak saling berjauhan anatar sesama. Kalau bisa dianalogikan, galaksi tak ubahnya bak sekumpulan anak ayam  yang tak mungkin untuk dipisahkan dari  induknya. Dimana ada anak ayam  disitu pasti ada induknya. Sama halnya bintang-bintang di angkasa sana mereka tak mungkin gemerlap sendirian tanpa disandingi dengan bintang lainnya.
Galaksi yang  biasa   kita dengar  adalah  Bimasakti atau istilah  “kerennya” milky way. Kalau kita cermati,  rasanya sedikit  aneh jika benda luar angkasa atau dalam hal ini galaksi  diumpamakan dengan susu (milk).  Namun dari keanehan perumpamaan tersebut ada keunikan yang bisa kita pahami,  yakni bintang yang bertebaran di langit pada malam hari seperti susu yang tercecer di langit.
Galaksi  kita (Bimasakti)  berbentuk spiral, dapat kita samakan dengan lingkaran obat nyamuk  jika dilihat dari atas, dan seperti gasing bila dilihat dari samping. Galaksi kita tidak sebundar lingkaran namun berbentuk elips. Hal ini dibuktikan dengan ukurannya yang memiliki panjang sekitar 100 tahun cahaya,  lebar 10 tahun cahaya dan tata surya kita berada 30 tahun cahaya dari pusat galaksi.
Selain galaksi Bimasakti, kita juga dapat melihat beberapa galaksi dengan mata telanjang ataupun dengan alat teropong bintang. Yang diungkap oleh para ilmuan yakni galaksi Andromeda, Awan Megallianic Besar dan Awan Megallanic Kecil.

2. Matahari
Matahari adalah  pusat dari tata surya dan anggota tata surya yang paling besar. Pada pusat matahari, suhunya mencapai jutaan derajat celcius. Sedangkan pada kulitnya, suhunya mencapai enam ribu derajat celcius dan memancarkan hampir semua cahaya.
Matahari merupakan lapisan  beberapa macam gas dengan tekanan dan temperature yang sangat tinggi. Matahari dengan bahan bakar hydrogen akan  mengalami kehabisan bahan bakar. Akibatnya inti akan menyusut dan menghasilkan lebih banyak energy.

3. Bumi
Secara struktural, bumi menempati urutan ketiga terdekat dengan matahari. Ukuran besarnya hampir menyerupai saturnus, hanya sedikit lebioh besar dan memiliki garis tengah 12.756 KM. ada beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh bumi dibandingkan dengan planet-planet lainnya. Diantaranya :
a.       Jarak anatar bumi dan matahari terbilang berada di tengah-tenga, tidak jauh dan tidak dekat sehingga suhu yang ditimbulkan juga tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin
b.      Bumi memiliki lautan dan samudera sebagai sumber air untuk menunjang kehidupan manusia
c.       Bumi memiliki atmosfer yang karenanya ada awan dan hujan di bumi.
d.      Atmosfer bumi membuat perbedaan suhu anatar siang dan malam.
e.       Atmosfer bumi mengandung oksigen sehingga terdapat kehidupan di bumi
f.       Atmosfer bumi berpotensi untuk melindungi kehidupan dari kerusakan yang disebabakan oleh sinar matahari dan partikel-partikel dari matahari.
4. Planetoida dan Asteroida.
Benda langit ini ditemukan tahun 1801 oleh pizza, seorang astronom italia melalui observasi dengan teleskop. Benda langit itu berdiameter kira-kira 900 KM, dan benda-benda ini mengorbit mengelilingi matahari pada jarak antara mars dan yupiter.

5. Komet atau Bintang Berekor 
Komet adalah kumpulan bongkah-bongkah batu yang diselubungi kabut gas. Komet berdiameter 100.000 KM termasuk selubung gasnya.

6. Meteor
Meteor bukan termasuk anggota bintang, karena meteor adalah bagian dari tata surya. Meteor merupakan batu-batu kecil yang berdiameter antara 0,2 samapai 0,5 mm dan masanya tidak lebih dari 1 gram. Meteor semacam debu angkasa yang bergerak dengan kecepatan 6 KM/detik atau 60X60X 60 KM/jam.

7. Satelit
Satelit merupakan pengiring planet. Satelit beredar mengelilingi planet dan bersama-sama mengelilingi matahari. Peredaran satelit mengelilingi planet disebut gerak revolusi satelit. Dan satelit juga melakukan gerak rotasi yang beredar mengelilingi sumbunya sendiri.

F.       TEORI EVOLUSI
Teori evolusi telah memberikan arti bahwa dunia ini tidak statis, tetapi akan selalu berubah. Demikian pula dengna spesies kita yang merupakan produk dari evolusi.
            Charles Darwin adalah orang yang mengemukakan teori evolusi sebagaimana yang diyakini saat ini. Ia menduga bahwa asal-usul kehidupan dan spesies berdasarkan pada adaptasi terhadap lingkungan serta spesies makhluk hidup berasal dari nenek moyang yang sama dan menjadi berbeda satu sama lain akibat kondisi alam (seleksi alam). Hal ini dijelaskan dalam bukunya “The Origin of Species, By Means of Natural Selection”.
            Teori evolusi Darwin tidak dapat membuktikannya secara ilmiah bahwa manusia satu nenek moyang dengan primate (kera) ,tetapi beberapa pihak masih mempertahankannya sebagai kajian ilmiah.

G.    KEBOHONGAN TEORI EVOLUSI
Sejak langkah awal teori evolusi telah gagal, hal ini didukung dengan sejumlah bukti sebagai berikut :
a.       Evolusionis tidak mampu menjelaskan proses pembentukan satu protein pun. Baik dalam hukum probabilitas, hukum fisika maupun kimia tidak memberikan peluang sedikit pun bagi pembentukan kehidupan secara kebetulan.
b.      Evolusi hanya sebuah kepercayaan, karena evolusionis tidak mempunyai bukti untuk cerita mereka. Tidak pernah ditemukan peralihan makhluk setengah kera dan setengah manusia.
c.       Banyak spesies di bumi yang mirip satu sama lain. Contoh : kera memiliki kemiripan dengan manusia. Padahal kemiripan tampilan kera dan manusia tidak mengandung arti apapun dan sebuah hal aneh jika mencari mata rantai evolusi keduanya hanya berdasarkan kemiripan tampilan saja.
d.      Pada tahun 1865 Gregor Mendel, seorang ahli botani Austria. Menemukan hukum penurunan sifat yang akhirnya menjadi awal kelahiran ilmu genetika. Beberapa tahun kemudian, yaitu di tahun 1950 ditemukan struktur gen, kromosom dan struktur molekul DNA. Penemuan ini telah menjatuhkan teori evolusi, namun beberapa kelompok tetap mempertahankan teori Darwin untuk mengangkatnya pada kedudukan ilmiah.








BAB III
PENUTUP

A.     KESIMPULAN
Sampai sekarang belum ada teori yang benar-benar tepat untuk mengambarkan masa depan alam semesta. Pertanyaan kita sekarang tentang suatu hal pada akhirnya akan terjawab , namun setelah itu akan muncul beberapa pertanyaan baru. Demikianlah yang akan terjadi jika kita bertanya tentang alam semesta, kita tidak akan pernah puas karena sifat curiosity kita. Seringkali kita mendapati suatu pertanyaan yang sangat mendasar, yang mendapat jawaban membuat hati kita kagum, heran, takzim dan sampai pada tingkat suatu perenungan bahwa betapa luar biasa kuasa Allah SWT.
Namun demikian, sebagai sebuah akhir dan penutup dari makalah ini, sedikit ada beberapa poin penting yang bisa kami jadikan simpulan. Diantaranya :
1.      Alam semesta mencakup mikrokosmos, atau benda-benda yang kecil seperti, atom, electron, partikel dan sebagainya, serta juga mencakup makro kosmos, atau benda besar seperti, bintang, bulan, matahari dan sebagainya.
2.      Tata surya terdiri dari mataharti. Planet-planet, dan berbagai benda langit seperti galaksi, komet dan asteroid.
3.      Ada 2 teori yang menjelaskan asal mula terbentuknya alam semesta. Yaitu, teori kedaan tetap dan teori big bang,
4.      Sedangkan teori terbentuknya tata surya ada lima.yaitu, teori nabula, planetesimal, teori pasang surut, teori awan debu dan bintang kembar
5.      Al-Qur’an  dan Al-Hadist sebagai sumber hukum dan keberagaman seorang muslim yang di dalamnya berisi tentang semua ilmu pengetahuan, juga menjelasklan tentang proses terjadinya Alam semesta
6.      Ada tujuh bagian dari alam semesta dan tata surya, Galaksi, matahari, bumi, planetoda dan asteroid, komet, satelit, meteor
7.      Ada beberapa hal yang kemudian menjadikan teori Darwin sebagai sebuah kebohongan yang bersembunyi di balik tirai keilmiahan.































B.       KRITI DAN SARAN
Tidak dipungkiri, bahwa sebagai manusia biasa tentunya konsekuensi salah dan khilaf itu juga berlaku pada pribadi kami masing-masing. Juga sangat mustahil, jika kami masih dijadikan Allah sebagai manusia dengan status “biasa” yang penuh kelemahan dan keterbatasan, mampu mencapai tatanan keidealan dan kesempurnaan karya. Tentulah ada di sana-sini bercak yang sedikit banyak telah mencemari dan mengurangi intensitas kesempurnaan dan keidealannya sehingga tampaklah ketidaksempurnaan atau kecacatannya.
Berangkat dari itu semua, di akhir pembahasan makalah  ini dan sebelum kami tutup, ada baiknya dan mungkin itu memang sangat baik dan dibutuhkan, kami membuka kritik, saran, cercaan, hinaan, dan sejenisnya yang tentunya tetap memprioritaskan asas “kontruktif” atau membangun sebagai orientasi fundamental dari lahirnya kritikan dan sebagainya itu.
Tak pelak, apa yang ada di tangan Anda ini adalah bahasan yang masih rancau kronologinya. Ya, secara teoritis, semua yang terangkul dalam tulisan ini adalah bersumber dari para tokoh hebat penggagas ide-ide besar. Tetapi kami selaku penyusunnya adalah pribadi-pribadi kerdil yang tidak begitu solid pemahamannya. Sehingga memungkinkan dalam penyusunnya masih ada tumpang tindih (over lapping), ketidakcocokan, minim keruntutan, dan sebegainya.
Meski demikian, kami berbesar harapan semoga kesalahan-kesalah itu tidak sampai merusak esensi dasar dan nilai-nilai fundamentalnya. Dan kami sangat bersyukur jika nantinya ada masukan-masukan dari pembaca yang bisa mengurangi kesalahan-kesalahan itu.
Demikian kiranya akhir dari makalah ini. Salam sejahtera untuk Anda, para pembaca yang dirahmati. Semogalah manfaat dari apa yang tertulis di atas lembaran ini berkenan menyelusup ke dalam relung hati dan menjadi salah satu modal untuk meniti langkah sukses nantinya. Amien.
           



Daftar Pustaka

Al-Qur’anul Karim
An-Nihayah fi Gharib Al-Hadits wa Al-Atsar, Juz II, hlm. 34-35

Sumber Buku;
Purnama, Heri, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Ismail al-Jawisy, Muhammad, Maha Besar Allah Atas Semua Ciptaan-Nya, Jogjakarta: Garailmu, 2009.
Jasin, Maskoeri, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rajawali Pers, 2008.
Tjasyono HK, Bayong, Ilmu Kebumian dan Antariksa, Bandung: Rosda, 2009.
Endarto, Danang, PengantarKosmografi, cet. I, Surakarta: LPP UNS dan UNS Press, 2005.
Maskufa, Ilmu Falaq, cet. I, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.
Fredette Claude Lefleur, Nathalie, penerjemah; Hendro Setyanto, Understanding The Universe, Jackues Fortin, 2006.
Sumber internet;
http://wikipedia.com
http://google.com













1 komentar:

  1. Dafabet.Com - Sportsbook, Dafabet.com - Online Betting
    Dafabet.Com provides an extensive betting portfolio, dafabet live in-game and casino 코인카지노 betting. Casino: Dafabet; Promo Code: betway login Dafabet.com. Website: dafabet.com.

    BalasHapus